fbpx

Tips Cara Promosi Bisnis di Media Sosial

Dipublikasikan oleh Gilang Irwan pada

sosial-media-marketing
A desktop on a table in an office

Pemasaran melalui medsos atau disebut sosial media marketing (SMM) adalah kegiatan pemasaran dan promosi bisnis secara online dengan cara menciptakan konten yang menarik, seperti tips and trik make up untuk merek kecantikan. Biasanya bertujuan agar pengguna lain ikut membagikan konten, menanyakan harga, mengunjungi website, hingga membeli produk, dan sebagainya.

Melakukan promosi secara online melalui media sosial terbukti ampuh untuk memajukan bisnis. Setiap platform media sosial seperti Facebook dan Instagram memiliki keunikan tersendiri. Namun semuanya memiliki garis besar yang sama dan wajib diketahui, simak beberapa tips memulai promosi melalui media sosial.

Tips Memilih Platform Medsos

1. Gunakan Platform Terpopuler

Pilih semua platform media sosial populer memiliki jumlah pengguna aktif terbanyak, serta memilki demografi pengguna yang luas. Inilah alasan kenapa Facebook cenderung digunakan hampir semua brand. Hal ini karena Facebook mencakup berbagai minat dan topik, yang membuatnya cocok untuk sebagian besar merek.

2. Gunakan Platform Khusus

Terlepas dari ukuran atau jumlah pengguna disarankan untuk menggunakan beberapa media sosial dengan jumlah pengguna kecil tetapi cocok dengan target pasar yang ingin disasar. Mengenal demografi konsumen akan memudahkan dalam memilih platform apa saja yang ingin digunakan sebagai sarana promosi.

Memulai Sosial Media Marketing

1. Setup Profil Bisnis

Mendaftar sebagai profil bisnis adalah langkah awal yang paling penting untuk memulai media sosial marketing. Berbeda dengan akun personal profil bisnis dapat melakukan apa yang tidak bisa dilakukan profil pengguna biasa. Seperti akses untuk melihat data profil pengikut, lokasi pengikut, dan performa konten.

3. Ikuti Perkembangan Fitur dan Trend

Selama beberapa tahun terakhir berbagai platform media sosial secara konsisten memperbarui tampilan serta menambahkan fitur baru, seperti fitur IG STORY dan IGTV pada Instagram. Penambahan fitur ini membuat trend pada media sosial selalu berubah-ubah seiring waktu berjalan. Hal ini berkaitan dengan kebiasaan pengguna media sosial menggunakan platform tersebut.

konten-media-sosial-instagram

4. Posting Pada waktu yang Optimal

Posting konten yang relevan dengan waktu dan kebutuhan pengguna. Misalnya, konten komedi yang membuat orang tertawa dapat dinikmati kapanpun berbeda dengan konten dengan materi khusus seperti olahraga di rumah yang akan lebih banyak dicari pada sore hari atau di akhir pekan. Dua faktor utama yang harus diperhatikan adalah mayoritas pengguna platform medsos yang digunakan serta konten yang akan di posting.

5. Menggunakan Iklan Berbayar

Membuat iklan online untuk promosi pada media sosial akan membantu memperluas jangkauan sebuah konten, terutama pada tahap awal membangun. Tidak perlu terlalu terburu-buru pastikan profil media sosial tersebut cukup layak, seperti jumlah postingan, jumlah pengikiut agar iklan tersebut lebih efektif. Untuk Instagram pastikan juga sudah ada testimonial dari pengguna lain untuk meningkatkan keberhasilan iklan.

Mengembangkan Bisnis dan Brand

1. Analisa Followers dan Target Konsumen

Salah satu fungsi dari media sosial adalah mengenali target konsumen lebih jauh. Jika dikembangkan dengan baik maka profil pengikut akan sesuai dengan profil pembeli brand tersebut. Pengalaman saya sejak tahun 2015 di bidang ini memberikan gambaran bahwa ada korelasi kuat antara kenaikan jumlah pengikut dengan kenaikan penjualan.

Hal ini juga yang mendasari tidak disarankannya mendapat pengikut dengan cara membeli atau menggunakan cara dengan bantuan bot. Ada banyak cara yang dapat dilakukan, walaupun pertambahan pengikut tidak terlalu besar. Hal yang perlu diukur adalah dampaknya, bukan jumlahnya. Tidak ada gunanya pengikut lebih dari seratus ribu tapi tidak berdampak apa-apa pada penjualan, atau traffic website.

2. Menyelanggarakan Kuis Berhadiah

Menyelenggarakan kuis yang merupakan salah satu kegiatan promosi yang paling ampuh di media sosial terutama untuk tujuan penambahan jumlah pengikut. Hal ini terbukti lebih efektif dari pada partnership dengan media dan influencer untuk menambah jumlah pengikut dengan waktu singkat. Sebuah kontes akan memberikan hadiah dan orang orang mempunyai kecenderungan menyukai hadiah.

3. Bekerjasama dengan media dan Influencer

Kerjasama dengan media dan influncer adalah tahap terakhir dalam mengembangkan bisnis di media sosial. Hal ini disebabkan oleh resiko yang cenderung lebih tinggi dari yang lain, terkadang membayar influencer tidak memberikan hal yang diharapkan. Terdapat dua jenis Influencer itu sendiri, yaitu Micro dan Macro Influencer yang di kategorikan berdasarkan jumlah pengikut pada platform tertentu.

Micro Influencer sangat cocok digunakan untuk tujuan meningkatkan kepercayaan konsumen jika dilakukan dengan benar. Sedangkan Macro Influencer sangat cocok untuk meningkatkan brand awareness. Tips lain adalah entah itu Micro atau Macro pilih Influencer dengan audience interest yang spesifik dan terasosiasi dengan brand itu sendiri.

Build Your Brand: Cara Promosi Bisnis Melalui Media Sosial

Gilang Irwan

%d blogger menyukai ini: