fbpx

Strategi Bisnis Ceruk Pasar (Niche Market)

Dipublikasikan oleh Gilang Irwan pada

strategi-niche-market
One arrow in the centre of a dart board in the bar

Strategi ceruk pasar (niche market) adalah rencana bisnis yang fokus untuk menggapai satu segmen populasi yang terdefinisi dengan baik. Strategi ini merancang sebuah produk untuk memenuhi kebutuhan pasar tertentu. Mulai dari kisaran harga, kualitas produksi, disesuaikan dengan demografi yang ditargetkan. Hal yang harus dipahami bahwa terkadang ceruk pasar itu adalah buatan atau rekayasa dengan mengidentifikasi apa yang diinginkan pelanggan.

Pasar khusus dan sangat khusus, dan bertujuan untuk bertahan di antara persaingan dari banyak perusahaan super. Bahkan perusahaan raksasa menciptakan produk untuk ceruk yang berbeda; Hewlett-Packard memiliki mesin all-in-one untuk mencetak, memindai, dan mengirim faks yang ditargetkan untuk ceruk kantor pusat, sementara pada saat yang sama memiliki mesin dengan fungsi terpisah hanya dengan salah satu fungsi ini untuk keperluan kantor yang lebih kecil.

Selain itu ceruk pasar tidak hanya berarti pasar yang lebih kecil, tetapi terkadang adalah rekayasa dan buatan sebuah brand dengan bantuan tim pemasaran. Peran tim pemasaran adalah untuk membuat konsumen sadar bahwa produk ini adalah jawaban dari sesuatu kebutuhan yang sebelumnya belum mereka sadari. Hal ini seperti saat produsen ponsel Apple menciptakan sebuah kategori produk baru yaitu smartphone dengan menggabungkan fungsi pemutar musik, telefon genggam, dan komputer.

Dengan menguasai ceruk pasar tersebut perusahaan dapat menguasai segmen khusus tersebut dan memonopoli harga karena dengan kekuasaan dan ketenaran tersebut, seperti yang dilakukan perusahaan besar. Hal ini merupakan salah satu manfaat ceruk pasar karena tidak ada atau sedikit kompetisi di bawah segmen itu.

4 Langkah Implementasi Strategi Bisnis Ceruk Pasar

Sekarang saatnya untuk mengindentifikasi dan menemukan ceruk pasar untuk bisnis kamu, ikuti empat langkah berikut:

1. Keunggulan dan Daya Tarik Produk

Mulai dengan mempertimbangkan apa yang akan ditawarkan dan apa yang yang menjadi kelebihan produk tersebut. Strategi pemasaran ini sangat berperan dalam kekuatan dan perspektif unik sebuah produk. Jadi, renungkan inovasi dan keunikan dari brand yang akan di promosikan. Hal ini berkaitan dengan;

Masalah spesifik apa yang diselesaikan dengan produk tersebut?
Masalah apa yang bisa selesaikan lebih baik oleh pesaing?
Siapa saja yang akan terbantu oleh produk tersebut?

2. Lakukan riset industri

Setelah memiliki gagasan tentang sebuah inovasi yang bisa ditawarkan oleh produk dari brand yang akan di promosikan. Validasikan bahwa itu adalah ide yang masuk akal. Lakukan analisis kompetitif untuk melihat apakah ada pesaing di ruang ini dan jika ada, apa yang sudah dilakukan merek-merek tersebut.

3. Kenali Calon Konsumen

Cara lain untuk mendapatkan wawasan dan memicu inspirasi adalah melihat dari dekat target konsumen dan mengidentifikasi apa yang mereka inginkan dan butuhkan di saat ini atau masa depan. Mengenal calon konsumen dapat membantu mengembangkan sebuah produk atau cara menyampaikan pesan pada media promosi yang baik kepada mereka.

Untuk ini dibutuhkan riset dengan menggunakan berbagai metode seperti metode focus group discussion (FGD) dengan bekerjasama dengan agen riset konsumen. Selain itu kita juga dapat menggunakan bantuan social media listening tool seperti Socialbakers. Dengan mencari informasi tersebut perusahaan dapat mengidentifikasi kebutuhan konsumen dan menemukan peluang.

4. Pilih Target Segmen dan Selalu Evaluasi

Seperti kebanyakan strategi pemasaran, pengembangan tidak bisa berhenti disaat berhasil membuat strategi pemasaran “niche market” dan menganggapnya akan mencapai hasil yang diinginkan. Perusahaan harus terus menguji ide tersebut, meninjau hasilnya, dan terus menyesuaikannya.

Keuntungan Strategi Bisnis Ceruk Pasar

Strategi bisnis ceruk pasar fokus pada kelompok masyarakat yang spesifik dan biasanya belum memiliki pesaing. Hal ini akan mempermudah proses branding karena tidak terlalu banyak pesaing yang akan mempengaruhi alam bawah sadar konsumen. Konsumen juga akan lebih percaya dan berani membayar lebih karena produk atau jasa yang anda tawarkan dianggap yang terbaik.

Keberhasilan terbesar dari strategi bisnis ceruk pasar adalah membuat konsumen mengenali nama brand sebagai nama produk. Kita dapat melihat keberhasilan brand seperti Aqua, Baygon, dan Odol di Indonesia. Alam bawah sadar sebagian besar masyarakat Indonesia menganggap Aqua adalah nama dari produk air mineral, karena nama brand tersebut merupakan salah satu pelopor air botol kemasan.

Back to Basic: Strategi Bisnis Ceruk Pasar (Niche Market)

Gilang Irwan

%d blogger menyukai ini: