fbpx

Inspirasi dan Trend Logo Keren Tahun 2020

Dipublikasikan oleh Gilang Irwan pada

Setiap desain logo keren dan lucu dari brand terkenal memiliki identitas unik pada bentuk dan warna logo. Dengan konsep yang matang, hal ini biasanya bersifat tak lekang oleh waktu. Namun seiring perkembangan jaman beberapa elemen akan terlihat usang. Biasanya brand tetap akan mempertahankan konsep awal kemudian melakukan modifikasi dengan menambahkan elemen pendukung yang merupakan inspirasi dari trend logo yang sedang populer.

Trend bentuk serta jenis desain logo di tahun ini dimulai dengan menggunakan elemen geometri seperti garis dan lingkaran hingga kartun animasi yang keren dan lucu. Pemilihan identitas warna logo pada tahun ini pun sangat bervariasi seperti warna dengan gradasi, efek tembus pandang, warna dengan efek besi dan emas yang memberikan kesan mewah untuk menjadi elemen pendukung dari sebuah logo.

Banyak brand yang melakukan perubahan pada logo mereka setiap beberapa tahun sekali, dan ini merupakan sesuatu yang lumrah. Hal ini biasanya sejalan dengan trend logo di dunia desain. Berikut inspirasi trend logo keren di tahun 2020:

1. Desain Logo Kartun Dengan Animasi Lucu

Logo kartun dikaitkan dengan keceriaan, optimisme, dan suasana hati yang senang. Merek yang ingin memberikan kesan tersebut sering memutuskan untuk menggunakan logo kartun dan biasanya selalu berhasil memenangkan hati konsumen potensial dari pandangan pertama.

Pada tahun 2020, logo kartun tidak hanya akan memenangkan hati konsumen, tetapi juga akan memberikan kesan gemas dan lucu dengan cara dianimasikan. Animasi ini meningkatkan efek menyenangkan dari ilustrasi dan membuat jarak dengan konsumen menjadi lebih dekat.

Untuk desain logo dengan animasi kartun bergambar, desainer lebih suka menjadikannya sederhana dengan memilih warna logo yang tidak saling mencolok satu sama lain, dan tidak diragukan lagi, desain flat adalah salah satu gaya ilustrasi yang paling sederhana dan tidak mencolok.

Sebagian designer juga suka bereksperimen lebih dengan logo yang menggunakan animasi ini. Kebalikan dari penjelasan di paragraf sebelumnya beberapa designer menggunakan warna gradasi untuk memberikan dimensi pada animasi tersebut sehingga terlihat lebih hidup.

Diluar itu gaya doodle yang akhir-akhir ini populer dalam desain karakter dan tren desain grafis telah memberikan pengaruh kepada tren desain logo 2020. Setelah diterjemahkan ke dalam desain ilustrasi logo, ini berarti gambar animasi tampak sederhana dan seakan akan dibuat dengan tangan tetapi masih terlihat rapih dan unik.

2. Desain Logo Lucu dengan Bentuk Geometri

Logo simple yang sangat disederhanakan terbuat dari bentuk geometris dasar seperti garis, persegi, kuadrat, lingkaran, titik, dan lekuk kan tetap akan disukai karena memberikan kesan minimalis jika dipadukan dengan warna yang tidak terlalu berlebihan cocok untuk memberikan kesan mahal.

Sudah sejak lama desain logo minimalis merupakan salah satu gaya desain logo yang disukai di industri kreatif. Dikarenakan mereka dapat dengan mudah diimplementasikan pada semua identitas merek dari sebuah brand tanpa kesulitan yang berarti.

Lanjut membahas logo minimalis, logo berbasis garis adalah contoh sempurna minimalis dalam desain logo minimalis. Garis yang digabungkan sebagai elemen dari setiap bentuk dasar logo tersebut. Dalam hal desain logo 2020, logo berbasis garis akan menyampaikan kebebasan, keterbukaan, kesederhanaan, dan energi.

Logo berbasis lekuk sudut yang melengkung, selanjutnya garis yang menekuk dan tidak memiliki bagian lurus seperti sebelumnya juga merupakan bentuk geometric yang mudah diterapkan untuk logo mereka terkait dengan dinamika dan kreativitas.

Basis lekukan memungkinkan desainer untuk membuat bentuk apa pun secara harfiah. Pada tahun 2020, kita akan melihat desain logo dengan kurva paralel, kurva kacau, kurva dekoratif, kurva tertanam ke dalam logo, dan banyak lagi.

Logo lingkaran atau melingkar tampaknya akan menjadi hit pada tahun 2020 dan ini bukan hal yang mengejutkan. Sebagai salah satu bentuk geometris dasar, lingkaran hadir untuk memberikan makna kelengkapan, kesempurnaan, dan tak terbatas. Plus, dengan memberikan huruf tebal dan untuk lebih mempertegas makna tersebut.

Bentuk dasar lingkaran yang digabungkan dengan font yang membentuk simbol infinity akan terlihat cukup trendi pada tahun 2020. Energi yang tidak pernah berakhir yang diwakili logo-logo ini adalah pesan yang ingin dikomunikasikan oleh banyak merek. Pada tahun 2020, desainer akan terus menerapkan simbol infinity ke dalam logo.

3. Desain Logo Dengan Font Khusus Yang Keren

Bentuk font yang menggunakan logam dalam logo seperti emas dan perak adalah tanda kelas tinggi dan kecanggihan. Pada tahun 2020, efek logam akan menjadi hit absolut dalam logo font dan tipe logomark. Kombinasi logam dan ukiran untuk versi fisik logo menciptakan perasaan eksklusivitas.

Font yang dirancang khusus untuk logo selalu menjadi pilihan utama para desainer dan pebisnis. Logotypes akan menjadi bagian dari tren desain logo 2020, baik menggambarkan kata itu sendiri secara harfiah atau “berbicara” kepada audiens dengan makna tersembunyi. Seperti aksen tekstur daging tuna mentah pada tulisan “SUSHI” yang dapat dilihat pada contoh diatas.

logo-tulisan-animasi
Design by Anton Tkachev

Logo berbasis font dengan efek retro bisa dibilang tidak cukup populer di desain grafis 2020 secara keseluruhan. Baik itu efek kertas yang rusak, efek grunge, atau menggunakan skema warna retro. Jika digunakan pun desain retro akan akan terlihat lebih modern dari sebelumnya.

Inspirasi Desain Logo Lainnya:

logo-keren-2020
logo-keren-2020
logo-keren-2020
logo-keren-2020

Build Your Brand: Inspirasi dan Trend Logo Keren Tahun 2020

Gilang Irwan

%d blogger menyukai ini: