fbpx

Review Socialbakers: Pelopor Analisis Media Sosial

Dipublikasikan oleh Gilang Irwan pada

Socialbakers adalah perusahaan penyedia jasa analisis media sosial bertenaga AI berupa sebuah platform perangkat lunak bernama Suite Socialbakers. Perangkat lunak ini telah mendapatkan apresiasi dari merek-merek terkenal di dunia seperti McDonald’s, L’Oreal dan Desigual untuk pemasaran media sosial di Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, LinkedIn, Google+, VK, dan Pinterest.

Tentang Socialbakers

Socialbakers adalah media sosial analisis yang sudah berdiri pada tahun 2009, ketika itu ada agency pemasaran bernama Candytech. Facebook mulai populer di masyarakat umum dan brand mulai menggunakan platform digital sebagai alat promosi. Dalam waktu singkat segala bentuk penyedia jasa analisa di bidang ini menjadi industri yang menjanjikan.

Candytech membuat platform perangkat lunaknya sendiri untuk merekam dan menganalisis sebanyak mungkin data atas izin Facebook melalui API. Alat itu bekerja dengan sangat baik sehingga mereka memberinya nama Facebakers dan menjualnya sebagai produk mandiri untuk melengkapi ajasa agensi mereka.

Seiring perkembangan Facebakers, perusahaan kemudian bergantu nama menjadi Socialbakers, yang merupakan nama yang lebih objektif daripada Facebakers yang hanya terpaku pada Facebook. Pada 2010, Twitter baru saja diluncurkan dan Instagram bahkan belum seperti sekarang, tetapi saat itu Socialbakers sudah memiliki reputasi baik.

Saat ini Socialbakers dapat menghasilkan informasi dengan memantau berbagai profil media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, VK, Pinterest, dan YouTube. Perangkat lunak ini menawarkan indikator kinerja untuk mengukur pertumbuhan pengikut, melacak pengaruh utama, menganalisis interaksi, kinerja dengan tolok ukur pesaing dan standar industri.

Media Sosial Analisis

Socialbakers memberi pandangan tentang posisi brand dengan pesaing, tips untuk meningkatkan social media marketing strategi, dan efisiensi promosi pada Instagram. Brand juga dapat melihat performa di Instagram dalam 90 hari terakhir melalui metrik utama seperti engagement, reach, impression dan bagaiman respons audiens.

Fitur yang disediakan Socialbakers:

  • Social media analytics
  • Social listening and intelligence
  • Social media management
  • Community management
  • Social customer care
  • Content management
  • Scheduling and publishing
  • Influencer marketing
  • Social commerce cloud
  • Service cloud

Socialbakers Harga dan Fitur (2023)

Socialbakers menawarkan beberapa paket berbeda untuk pelanggan, tetapi alat pemasaran influencer hanya tersedia di layanan tingkat atas. Ulasan ini hanya difokuskan pada bagian platform itu. Kami masih menyertakan tingkatan lain di bagian penetapan harga ini, tetapi kami akan membiarkan reputasi Socialbakers mendahului mereka di bagian depan itu: ini adalah paket pemasaran sosial terbaik yang bersaing dengan orang-orang seperti Sprout Social atau Hootsuite, dan sudah digunakan oleh merek-merek besar seperti Toyota, McDonald’s, ASUS, dan Jägermeister.

Berikut beberapa pilihan paket dari Socialbakers:

1. Essential, $240/mo ($200/mo billed annually). Paket analisa pemasaran medsos dan manajemen media sosial untuk 5 pengguna dan 10 profil sosial. Termasuk Manajemen Konten, set jadwal posting, posting langsung, analisis, dan akses ke aplikasi mobile untuk mengakses semua fitur ini tanpa menggunakan laptop atau PC.

2. Smart, priced on request. Mirip seperti penawaran pertama. Tetapi kita bisa memiliki di atas untuk 20 pengguna dan hingga 30 profil sosial, dengan tambahan fitur: Analisis Sentimen, Alur Kerja Persetujuan, Manajemen Komunitas, dan Dasbor Kustom sesuai kebutuhan.

3. Scale, priced on request. Paket ini tentunya mendapatkan semua fitur di penawaran kedua, namun dengan admin akses tanpa batas jumlah pengguna dan hingga 100 profil sosial, plus: Integrasi Penyimpanan Cloud, Pelabelan Konten Otomatis, Pemetaan Persona Pemasaran, Optimalisasi Kinerja, Analisa Influencer.

4. Integrated 360, priced on request , paket ini menawarkan harga berdasarkan permintaan dan bersifat dinamis. Di peruntukan bagi mereka yang mengelola 100 lebih profil sosial, paket ini menawarkan semua fitur, plus akses ke “pandangan holistik 360 pemasaran digital.”

Build Your Brand

Review Socialbakers: Pelopor Analisis Media Sosial

Gilang Irwan