fbpx

5 Contoh Konsumen Dalam Ceruk Pasar (Niche Market)

Dipublikasikan oleh Gilang Irwan pada

contoh-niche-market

Strategi bisnis ceruk pasar (Niche Market) berusaha menggapai sebagian dari keseluruhan pasar dengan menentukan produk yang sesuai dengan target konsumen dalam ceruk tersebut. Perusahaan yang memiliki produk yang berfokus pada ceruk pasar akan sangat menentukan fitur sebuah produk. Tidak hanya itu bahkan bentuk, warna, harga, dan kualitas produk. Hal ini telah di rancang secara khusus agar sesuai dengan target demografi konsumen produk tersebut.

Pada prakteknya, perusahaan penyedia produk atau jasa dalam bisnis dibagi menjadi dua jenis yaitu; penyedia arus utama dan penyedia ceruk pasar. Perusahaan dengan modal lebih kecil biasanya menyasar ceruk pasar tertentu, untuk dapat memperbesar keuntungan modalnya. Tidak hanya itu hal ini juga secara tidak langsung akan dapat menekan biaya distribusi karena menyasar pasar yang tersegmentasi dengan baik.

Salah satu cara untuk menentukan produk target konsumen dalam menggapai peluang pada ceruk pasar (Niche Market) adalah dengan memperhatikan trend. Memanfaatkan trend yang sedang berkembang dapat menjadi salah satu cara menentukan target konsumen pada ceruk pasar. Sehingga akan meningkatkan peluang sukses dan kemudian menelusuri untuk menemukan produk khusus dengan kemungkinan kesesuaian pasar.

Berikut contoh delapan target konsumen dalam ceruk pasar (Niche Market) yang dapat menjadi referensi. Semoga dapat menjadi inspirasi untuk menemukan peluang pasar.

  1. Konsumen Pecinta Lingkungan
  2. Pet owners
  3. The LGBTQ+ community
  4. Travelers
  5. Gamers
  6. Homeowners
  7. Remote workers
  8. Locals Conscious consumers

1. Konsumen Pecinta Lingkungan

Munculnya konsumen yang sadar akan kelestarian lingkungan akan membuka peluang baru. Variasi dari produk-produk konvensional yang terkelola dengan sistem yang lebih ramah lingkungan, dan bebas kekejaman. Untuk kasus ini jika jenis produk tersebut pada dasarnya menyasar pasar massal seperti sabun dan pasta gigi. Maka kemungkinan besar ada ceruk konsumen yang sadar akan memilih alternatif yang lebih ramah lingkungan.

Di masa lalu, perusahaan yang ingin menarik perhatian ceruk pasar khusus ini mungkin menyumbangkan sebagian dari hasil penjualan untuk suatu tujuan. Misalnya, menyumbangkan sebagai penghasilan untuk organisasi terkait atau mengganti bungkus plastik dengan bahan ramah lingkungan. Akan tetapi sekarang sebagian besar konsumen juga peduli tentang bagaimana produk tersebut bersumber dan diproduksi.

2. Konsumen Yang Memiliki Peliharaan

Sebenarnya ada banyak peluang untuk mengembangkan ceruk pasar (Niche Market) ini. Salah satunya adalah terdapat di berbagai target konsumen yang memiliki hewan peliharaan serta gaya hidup yang berbeda. Misalnya, menjual baju, bantal, piyama, selimut, dan barang pribadi yang memiliki motif hewan peliharaan target konsumen tersebut. Sementara kebanyakan orang memiliki anjing, atau kucing, ada juga hewan peliharaan unik seperti kuda, kadal, kura-kura, dan bahkan ayam, masing-masing dengan peluang potensial mereka sendiri.

3. Konsumen Lokal (Kelompok Geografis Tertentu)

Bahkan brand besar di dunia pun mengadopsi pendekatan pemasaran lokal melalui kampanye lokal. Mereka secara tidak langsung bersaing dengan gerakan yang didorong konsumen untuk mendukung bisnis lokal. Namun, biasanya perbedaan akan terletak pada kualitas dan harga produk tersebut. Salah satu contoh adalah Giordano Indonesia yang selalu berpartisipasi dengan perayaan ulang tahun Indonesia melalui koleksi kemerdekaan mereka.

giordano-national-day

4. Target Konsumen Para Gamers

Gamer adalah istilah umum yang ditujukan untuk penggemar game baik kasual maupun profesional. Setidaknya ada beberapa sub dari para gamer yaitu; gamer seluler, gamer PC, gamer konsol. Ada lebih dari 2,3 miliar pemain aktif di seluruh dunia, dan hampir setengahnya membelanjakan uang untuk hobi ini. Dalam kasus ini, lakukan riset lebih lanjut berdasarkan genre populer (seperti penembak orang pertama), atau alat yang digunakan seperti konsol (seperti Nintendo Switch).

5. Konsumen Pekerja dari Rumah (Remote Worker)

Sejalan dengan perkembangan internet, saat ini banuak muncul pekerja yang melakukan pekerjaan jarak jauh. Fenomena ini terjadi karena banyak jenis pekerjaan yang tidak membutuhkan tatap muka atau menetap di satu tempat berkat bantuan teknologi. Selain itu sebagian besar ini terjadi berkat dua pengaruh: lebih banyak kontraktor wiraswasta dan lebih banyak perusahaan yang memiliki kultur memperbolehkan karyawan bekerja dari rumah. Salah satu contoh produk yang cocok untuk mereka adalah kursi kerja atau meja kerja yang nyaman.

Build Your Brand

5 Contoh Konsumen Dalam Ceruk Pasar (Niche Market)

Gilang Irwan