fbpx

8 Jenis Layanan Platform Media Sosial (Social Media)

Dipublikasikan oleh Gilang Irwan pada

Layanan media sosial adalah teknologi interaktif yang memfasilitasi sesama pengguna untuk saling berbagi melalui berbagai jenis informasi seperti ide, minat karier, dan bentuk ekspresi lain melalui komunitas dan jaringan virtual. Tidak seperti dahulu dimana layanan media sosial dapat dibagi berdasarkan fitur utama. Misalnya, Instagram untuk berbagi foto, Twitter untuk berbagi teks pendek, YouTube untuk berbagi video, Snapcat untuk berbagi video singkat.

Namun, seiring berjalan waktu semakin banyak platform media sosial yang memiliki berbagai jenis fitu yang mana fitur tersebut merupakan gabungan beberapa fitur media sosial yang ada. Misalnya, Instagram dan Facebook yang terkenal selalu berusaha mengadopsi fitur terbaik yang sebelumnya sudah ada pada berbagai jenis platform media sosial lain.

Sebelum membahas lebih lanjut, berikut rangkuman berbagai jenis layanan media sosial:

  1. Interaksi Melalui Tulisan
  2. Layanan Berbagi Media
  3. Jasa Penjualan (E-commerce)
  4. Forum Untuk Diskusi
  5. Layanan Bookmark
  6. Ulasan Konsumen
  7. Menerbitan Karya Tulisan
  8. Dunia Virtual (VR)

Sekali lagi artikel ini tidak berusaha membuat kategori media sosial, melainkan menjelaskan fitur-fitur dasar apa saja yang dimiliki oleh berbagai layanan media sosial.

1. Layanan Berinteraksi Melalui Tulisan

Layanan jejaring sosial ini menyediakan layanan yang memungkinkan pengguna untuk saling berinteraksi melalui tulisan. Alhasil beberapa pengguna lain yang dapat melihat tulisan tersebut dapat melakukan interaksi dengan sekedar tombol like hingga membalas komentar tersebut. Jika diteliti tujuan para pengguna berbagi tulisan tersebut adalah untuk menyuarakan pendapat dan perasaan tertentu mengenai sebuah peristiwa.

Contohnya: Linkedin Post, Twitter Post.

2. Layanan Untuk Berbagi Media

Berbeda dengan layanan berbagi tulisan pendek fitur media sosial ini menyediakan layanan yang memungkinkan pengguna untuk saling berbagi dan saling berinteraksi menggunakan file multimedia (foto, video, musik) dengan sesama pengguna lain. Para pengguna situs web ini saling berbagi konten-konten media seperti buku digital, suara, gambar, dan video.

Contohnya: Youtube Post, Instagram Post.

3. Layanan Jasa Penjualan (E-commerce)

Layanan jaringan penjualan elektronik (E-commerce) memungkinkan pengguna untuk melakukan kegiatan penyebaran, pembelian, dan penjualan. Sehingga pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik antara sesama pengguna tanpa harus bertemu secara tatap mata. E-commerce juga melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Contohnya: Facebook Shop, Instagram Shop.

4. Layanan Media Forum Untuk Diskusi

Penyedia layanan sebagai wadah berdiskusi antar pengguna forum saling berdiskusi untuk membahas topik tertentu. Layanan seperti ini telah ada sejak tahun 1995, namun jika di teliti lebih jauh sebenarnya mirip dengan milis internet yang dikenal sejak tahun 1980-an. Diluar sana juga telah banyak komunitas terkenal yang awalnya dimulai melalui forum-forum online yang memiliki anggota tetap.

Contohnya: Kaskus Thread

5. Layanan Media Sosial Bookmarking

Secara garis besar layanan penanda sosial (Social bookmarking) merupakan sebuah cara bagi pengguna internet untuk mengorganisasi, menyimpan, mengelola, dan mencari data yang tersedia secara online. Berbeda dengan konsep jenis layanan berbagi file fitur pada bookmark sosial menyediakan fitur yang fokus kepada bagaimana menyimpan file tersebut dengan kategorisasi lebih baik.

Contohnya: Instagram Save Image, Pinterest Pin.

6. Layanan Media Ulasan Konsumen

Sebuah jaringan ulasan konsumen dapat memberi ruang dan bagi pengguna tempat untuk mengulas merek, bisnis, produk, layanan, tempat perjalanan, dan apa saja. Ulasan konsumen adalah jenis konten yang menambahkan nilai lebih ke banyak situs web, terutama layanan penjualan online. Ulasan konsumen adalah salah satu faktor utama penentu kesuksesan sebuah brand yang beroperasi secara online, karena ini adalah salah satu cara mendapatkan kepercayaan konsumen.

Contohnya: Ulasan Zomato, Ulasan Facebook Page.

7. Layanan Menerbitan Karya Tulisan

Ringkasnya, layanan penerbitan tulisan adalah layanan yang dikenal serta digunakan untuk menerbitkan sebuah karya tulisan. Misalnya, platform blog seperti WordPress yang merupakan salah satu bentuk khusus dari sistem manajemen konten artikel yang dapat digunakan untuk menerbitkan sebuah karya tulisan. Akan tetapi di masa lalu situs web sebenarnya lebih merupakan keberadaan online yang “statis” yang berarti lebih seperti brosur online dan tidak sering diperbarui.

Contohnya: Artikel Linkedin, Blog WordPress.

8. Layanan Dunia Virtual (VR)

Media sosial bukan lagi hanya sekedar tempat orang datang untuk mengobrol dan berbagi file multimedia namun pengguna berinteraksi di lingkungan virtual. Dalam hal ini, dunia virtual sosial tersebut membuat pengguna di dalamnya merasa hidup di dunia virtual tersebut, mereka saling berinteraksi dengan menggunakan perangkat Virtual Reality yang dipakai di area mata sama seperti virtual game world.

Contohnya: BuddyPoke!, Facebook 360.

Build Your Brand

8 Jenis Layanan Platform Media Sosial (Social Media)

Gilang Irwan