fbpx

8 Jenis Layanan Fitur Pada Media Sosial

Dipublikasikan oleh Gilang Irwan pada

jenis-layanan-media-sosial
digital composite of smart devices with coffee on table with graphics

Media sosial adalah teknologi interaktif yang memfasilitasi sesama pengguna untuk saling berbagi berbagai jenis informasi seperti ide, minat karier, dan bentuk ekspresi lain melalui komunitas dan jaringan virtual. Tidak seperti dahulu dimana media sosial dapat dibagi berdasarkan fitur utamanya. Misalnya, Instagram untuk konten foto, Twitter untuk konten teks pendek, YouTube untuk video, Snapcat untuk video singkat.

Seiring berjalan waktu semakin banyak platform media sosial yang memiliki berbagai jenis fitur. Yang mana fitur tersebut merupakan gabungan beberapa fitur media sosial yang ada. Misalnya, Instagram dan Facebook yang terkenal selalu berusaha mengadopsi fitur terbaik dari berbagai jenis platform media sosial.

Sebelum membahas lebih lanjut, berikut rangkuman berbagai jenis layanan media sosial:

  • Interaksi Melalui Tulisan
  • Layanan Berbagi Media
  • Jasa Penjualan (E-commerce)
  • Forum Untuk Diskusi
  • Layanan Bookmark
  • Ulasan Konsumen
  • Menerbitan Karya Tulisan
  • Dunia Virtual (VR)

Sekali lagi artikel ini tidak berusaha membuat kategori media sosial, melainkan menjelaskan fitur-fitur dasar apa saja yang dimiliki oleh berbagai layanan media sosial.

1. Interaksi Melalui Tulisan

Layanan jejaring sosial ini menyediakan layanan yang memungkinkan pengguna untuk saling berinteraksi melalui tulisan. Alhasil beberapa pengguna lain yang dapat melihat tulisan tersebut dapat melakukan interaksi dengan sekedar tombol like hingga membalas komentar tersebut. Jika diteliti tujuan para pengguna berbagi tulisan tersebut adalah untuk menyuarakan pendapat dan perasaan tertentu mengenai sebuah peristiwa.

Contoh: Linkedin Post, Twitter Post.

2. Layanan Untuk Berbagi Media

Berbeda dengan layanan berbagi tulisan pendek fitur media sosial ini menyediakan layanan yang memungkinkan pengguna untuk saling berbagi dan saling berinteraksi menggunakan file multimedia (foto, video, musik) dengan sesama pengguna lain. Para pengguna situs web ini saling berbagi konten-konten media seperti buku digital, suara, gambar, dan video.

Contoh: Youtube Post, Instagram Post.

3. Jasa Penjualan (E-commerce)

Layanan jaringan penjualan elektronik memungkinkan pengguna untuk melakukan kegiatan penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik antara sesama pengguna tanpa harus bertemu secara tatap mata. E-commerce juga melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Contoh: Facebook Shop, Instagram Shop.

4. Forum Untuk Diskusi

Layanan yang menyediakan wadah berdiskusi antar pengguna forum saling berdiskusi untuk membahas topik tertentu. Layanan seperti ini telah ada sejak tahun 1995, namun jika di teliti lebih jauh sebenarnya mirip dengan milis internet yang dikenal sejak tahun 1980-an. Diluar sana juga telah banyak komunitas terkenal yang awalnya dimulai melalui forum-forum online yang memiliki anggota tetap.

Contoh: Kaskus Thread

5. Layanan Bookmark

Penanda sosial (Social bookmarking) adalah sebuah metode bagi pengguna internet untuk mengorganisasi, menyimpan, mengelola, dan mencari data yang tersedia secara online. Berbeda dengan konsep jenis layanan berbagi file fitur pada bookmark sosial menyediakan fitur yang fokus kepada bagaimana menyimpan file tersebut dengan kategorisasi lebih baik.

Contoh: Instagram Save Image, Pinterest Pin.

6. Ulasan Konsumen

Jaringan ulasan konsumen memberi orang tempat untuk mengulas merek, bisnis, produk, layanan, tempat perjalanan, dan apa saja. Ulasan konsumen adalah jenis konten yang menambahkan nilai lebih ke banyak situs web, terutama layanan penjualan online. Ulasan konsumen adalah salah satu faktor utama untuk mendapatkan kepercayaan konsumen secara online.

Contoh: Ulasan Zomato, Ulasan Facebook Page.

7. Menerbitan Karya Tulisan

Layanan penerbitan tulisan adalah layanan yang dikenal dan digunakan untuk menerbitkan sebuah karya tulisan. Platform blog adalah salah satu bentuk khusus dari sistem manajemen konten artikel. Akan tetapi di masa lalu situs web sebenarnya lebih merupakan keberadaan online yang “statis” yang berarti lebih seperti brosur online dan tidak sering diperbarui.

Contoh: Artikel Linkedin, Blog WordPress.

8. Dunia Virtual (VR)

Media sosial bukan lagi hanya sekedar tempat orang datang untuk mengobrol dan berbagi file multimedia. Yang mana dunia vitual itu sendiri dapat diartikan sebagai media elektronik dalam jaringan komputer yang banyak dipakai untuk keperluan komunikasi. Berbeda dengan saat ini pada masa depan jaringan sosial virtual akan memungkinkan pengguna memiliki avatar yang dapat disesuaikan dan dapat berjalan-jalan dan saling berinteraksi di lingkungan virtual.

Contoh: BuddyPoke!, Facebook 360.

Build Your Brand: 8 Jenis Layanan Fitur Pada Media Sosial

Gilang Irwan

%d blogger menyukai ini: