fbpx

5 Rekomendasi Media Sosial Populer Untuk Promosi Bisnis

Dipublikasikan oleh Gilang Irwan pada

Media sosial cukup populer menjadi alat promosi bisnis terutama UMKM, karena tidak membutuhkan biaya besar. Media sosial adalah sebuah platform berbasis digital yang dapat digunakan keperluan pribadi dan organisasi untuk saling berinteraksi satu sama lain. Ada banyak jenis platform tersedia dengan gratis, mulai dari berbasis tulisan, gambar, video hingga gabungan semuanya.

Potensi bisnis yang besar di media sosial mendorong pelaku bisnis UMKM untuk meningkatkan kualitas akun bisnis mereka. Menurut data dari website Databox rata-rata waktu yang dihabiskan masyarakat Indonesia untuk mengakses medsos selama 3 jam 26 menit. Total pengguna aktif sebanyak 160 juta atau 59% dari total penduduk Indonesia, 99% pengguna tersebut tercatat mengakses melalui ponsel.

Berikut beberapa rekomendasi platform media sosial yang populer sebagai sarana promosi untuk bisnis:

  • Facebook
  • Google My Business
  • Instagram
  • WhatsApp
  • Youtube

1. Facebook

Facebook memiliki pengguna setia di seluruh dunia, media sosial ini cukup populer menjadi alat promosi bisnis di Indonesia. Medsos ini berbasis gambar, tulisan dan video singkat ini juga merupakan tempat beriklan yang cukup efektif. Akan tetapi di Indonesia tidak semua produk cocok untuk mayoritas pengguna di Facebook, salah satu parameter adalah rentang umur pengguna yang berada pada kisaran 35-50 tahun.

Facebook memiliki cara tersendiri untuk memisahkan akun pengguna personal dan akun bisnis. Untuk keperluan usaha pemilik perusahaan harus membuat Facebook Page sendiri dengan menggunakan akun pribadinya. Cara membuat akun Facebook page juga tergolong cukup sederhana dapat dan mudah.

Untuk informasi tambahan antara akun personal dan akun bisnis yang bernama Facebook Page memiliki algoritma yang berbeda. Untuk usaha kecil saya lebih menyarankan menggunakan keduanya, akun bisnis berguna untuk posting produk kemudian sebagai owner pemilik bisnis juga membagikan produk tersebut ke akun personal mereka untuk mempromosikan produk tersebut kepada teman dekatnya.

2. Google My Bussiness

Berdasarkan data dari The Telepgraph, terdapat lebih dari 1 miliar dari populasi dunia yang menggunakan Google Maps setiap bulannya. Google Maps kini juga menjadi aplikasi pemetaan digital terpopuler. Dengan mendaftarkan perusahaan atau toko di Google My Business, Google Maps akan mempromosikan lokasi tersebut kepada pengguna Google yang mencari jasa atau produk yang relevan.

Google My Business (GMB) adalah sebuah platform media sosial yang lebih di khususkan untuk membantu pemilik bisnis. Platform ini memberikan informasi terkait profil perusahaan secara detail yang akan muncul pada bagian atas atau samping pada hasil pencarian google lengkap dengan peta serta petunjuk arah sehingga mempermudah calon pelanggan menemukan lokasi toko atau kantor perusahaan.

GBM tidak hanya dapat memberikan berbagai info terkait dengan profil perusahaan dari lokasi, foto, produk, dan review pelanggan. Selain itu platform dari Google ini juga memiliki fitur posting konten gambar hingga bisa mengatur jam operasional tempat usaha secara online untuk dijalankan sehingga calon konsumen tidak datang pada saat toko tutup.

3. Instagram

Instagram adalah platform media sosial yang sangat populer di dunia, terutama di Indonesia hampir jarang jika seseorang tidak memiliki akun medsos ini, data tahun 2017 lalu menunjukan bahwa pengguna Instagram telah mencapai 45 juta akun. Salah satu sumber juga menyatakan bahwa Indonesia adalah pengguna Instagram terbesar di Asia-Pasifik.

Instagram berbasis gambar dan video singkat yang cukup efektif menjadi alat promosi bisnis. Akun Instagram juga dapat di koneksi kan ke akun Facebook Page dengan beberapa langkah sederhana untuk mengubah akun personal menjadi akun bisnis instagram. Kemudian pemilik akun dapat menentukan kategori akun tersebut sesuai dengan bisnis mereka seperti Furnitur, Otomotif, Pakaian, dan sebagainya.

Sebenarnya penggunaan Instagram di Indonesia terbilang unik. Pemilik bisnis di Indonesia banyak yang memanfaatkan Instagram untuk berjualan secara langsung. Ini sangat berbeda dengan di negara lain yang pada umumnya hanya memanfaatkan Instagram untuk menjalin hubungan dengan konsumen, bukan untuk berjualan.

4. WhatsApp

Hampir setiap smartphone terinstall app WhatsApp, para pengguna aplikasi ini dapat saling berkomunikasi melalui teks dan suara saja, melainkan juga dengan gambar, emoji, rich text, stiker dan juga video yang tersedia. Aplikasi sedikit meminjam fitur yang lumrah pada media sosial yaitu kemampuan untuk berbagi video singkat pada WhatsApp Story.

Keberadaan WhatsApp saat ini juga sudah masuk ke ranah bisnis. Ada banyak pemilik bisnis dan toko online yang menggunakan WhatsApp sebagai saluran pemasaran dan juga komunikasi dengan pelanggan. Seiring dengan itu kemudian Facebook sebagai pemilik aplikasi ini meluncurkan WhatsApp for Business pada 18 Januari 2018.

5. Youtube

YouTube berdiri pada Februari 2005 dan telah berkembang dengan pesat. Setiap hari orang menonton ratusan juta video setiap jam di YouTube. YouTube secara keseluruhan, dan bahkan di perangkat seluler saja, telah menjangkau lebih banyak audiens yang berusia 18-34 dan 18-49 tahun daripada jaringan televisi kabel mana pun di Amerika Serikat.

YouTube juga menjadi mesin pencari terbesar kedua di dunia, setelah Google. Hal ini berarti pengguna internet juga mencari informasi menggunakan YouTube seperti saat menggunakan mesin pencarian Google. YouTube channel memberikan keluasaan untuk bisnis dalam kustomisasi channel untuk menyesuaikan dengan profil bisnis.

Build Your Brand

5 Rekomendasi Media Sosial Populer Untuk Promosi Bisnis

Gilang Irwan