fbpx

Niche Market: Strategi Bisnis Fokus Pada Peluang Pasar

Dipublikasikan oleh Gilang Irwan pada

Strategi ceruk pasar (niche market) adalah rencana bisnis yang fokus pada peluang usaha untuk menggapai satu kelompok konsumen dan satu segmen populasi yang terdefinisi dengan baik. Mulai dari kisaran harga, kualitas produksi yang sesuai dengan demografi target konsumen. Hal yang harus menjadi catatan bahwa terkadang ceruk pasar itu adalah buatan atau rekayasa dengan mengidentifikasi kebutuhan kelompok masyarakat tertentu.

Pasar khusus dan sangat khusus, dan bertujuan untuk bertahan di antara persaingan dari banyak perusahaan super. Bahkan perusahaan raksasa menciptakan produk untuk ceruk yang berbeda; Hewlett-Packard memiliki mesin all-in-one untuk mencetak, memindai, dan mengirim faks yang ditargetkan untuk ceruk kantor pusat. Sementara pada saat yang sama memiliki mesin dengan fungsi terpisah hanya dengan salah satu fungsi ini untuk keperluan kantor yang lebih kecil.

Selain itu ceruk pasar tidak hanya berarti pasar yang lebih kecil. Akan tetapi terkadang adalah rekayasa dan buatan sebuah brand dengan bantuan tim pemasaran. Peran tim pemasaran pada proses ini adalah untuk membuat konsumen sadar bahwa produk ini adalah jawaban dari sesuatu kebutuhan yang sebelumnya belum mereka sadari. Seperti saat Apple menciptakan sebuah kategori produk baru yaitu smartphone. Salah satu kunci sukses iPhone adalah dengan menggabungkan fungsi pemutar musik, telefon genggam, dan komputer.

Dengan menguasai ceruk pasar tersebut perusahaan dapat menguasai segmen khusus tersebut dan memonopoli harga karena dengan kekuasaan dan ketenaran tersebut, seperti jejak langkah perusahaan besar. Hal ini merupakan salah satu manfaat ceruk pasar karena tidak ada atau sedikit kompetisi di bawah segmen itu.

Cara Menentukan Produk Niche Market

Sekarang saatnya untuk mengindentifikasi dan menemukan peluang untuk menggapai konsumen yang tergolong ke dalam ceruk pasar untuk bisnis kamu, sebagai awal ikuti empat langkah berikut.

Temukan Keunggulan dan Daya Tarik Produk

Mulai dengan mempertimbangkan apa yang akan ditawarkan dan apa yang yang menjadi kelebihan produk tersebut. Strategi pemasaran ini sangat berperan dalam kekuatan dan perspektif unik sebuah produk. Jadi, renungkan inovasi dan keunikan dari brand yang akan di promosikan. Hal ini berkaitan dengan;

Masalah spesifik apa yang terselesaikan dengan produk tersebut?
Masalah apa yang bisa selesaikan lebih baik oleh pesaing?
Siapa saja yang akan terbantu oleh produk tersebut?

Lakukan Riset Untuk Mengetahui Peluang Pasar

Setelah memiliki gagasan tentang sebuah inovasi yang bisa menjadi peluang dari produk yang akan di promosikan. Validasikan bahwa itu adalah ide yang masuk akal. Lakukan analisis kompetitif untuk melihat apakah ada pesaing di ruang ini dan jika ada, apa yang sudah dilakukan merek-merek tersebut.

Kenali Calon Target Konsumen Lebih Dalam

Cara lain untuk mendapatkan wawasan dan memicu inspirasi adalah melihat dari dekat target konsumen. Kenali dan identifikasi apa yang mereka inginkan dan butuhkan di saat ini atau masa depan. Mengenal calon konsumen dapat membantu mengembangkan sebuah produk atau cara menyampaikan pesan pada media promosi yang baik kepada mereka.

Untuk ini perusahaan memerlukan riset dengan menggunakan berbagai metode seperti metode focus group discussion (FGD). Dalam melakukan Riset pasar biasanya perusahaan bekerjasama dengan agen riset konsumen. Selain itu kita juga dapat menggunakan bantuan social media listening tool seperti Socialbakers. Dengan mencari informasi tersebut perusahaan dapat mengidentifikasi kebutuhan konsumen dan menemukan peluang.

Pilih Target Segmen Pasar dan Selalu Lakukan Evaluasi

Seperti kebanyakan strategi pemasaran, pengembangan tidak bisa berhenti saat berhasil membuat strategi “niche market” dan menganggapnya akan mencapai hasil yang sesuai dengan harapan secara terus menerus. Perusahaan harus terus menguji ide tersebut, meninjau hasilnya, dan terus menyesuaikannya.

Kesimpulan

Strategi bisnis ceruk pasar fokus pada kelompok masyarakat yang spesifik dan biasanya belum memiliki pesaing. Hal ini akan mempermudah proses branding karena tidak terlalu banyak pesaing yang akan mempengaruhi alam bawah sadar konsumen. Konsumen juga akan lebih percaya dan berani membayar lebih. Hal ini karena merasa produk atau jasa yang anda tawarkan adalah yang terbaik untuk mereka.

Keberhasilan terbesar dari strategi bisnis ceruk pasar adalah membuat konsumen mengenali nama brand sebagai nama produk. Kita dapat melihat keberhasilan brand seperti Aqua, Baygon, dan Odol di Indonesia. Alam bawah sadar sebagian besar masyarakat Indonesia menganggap Aqua adalah nama dari produk air mineral. Fenomena ini terjadi karena nama brand tersebut merupakan salah satu pelopor air botol kemasan.

Back to Basic

Niche Market: Strategi Bisnis Fokus Pada Peluang Pasar

Gilang Irwan